Tuesday, August 18, 2009

Tanya Jawab Penyakit Ginjal dan Vitamin

Apakah saya menderita penyakit ginjal ?
Dok, saya kalau kencing sering sekali, tetapi air kencing yang keluar sedikit-sedikit, kadang warnanya seperti teh dan kadang berbusa. Apakah saya menderita penyakit ginjal ?

Tidak dapat dijawab secara cepat, karena ada banyak faktor seperti jenis kelamin, umur, dan beberapa hal lagi seperti penyakit yang sudah diderita juga akan berpengaruh terhadap kencing yang sering. Kencing memang dibuat oleh ginjal, namun perlu aliran darah yang cukup, ginjal yang baik, serta saluran kencing dan kandung kencing yang dapat menampung kencing sekitar 500 ml, sehingga seseorang dapat hidup nyaman, tidak sering kencing, tetapi 3 – 4 X perhari. Kencing sering dapat karena kandung kencing tidak dapat mengembang untuk menampung kencing yang cukup, misalnya karena peradangan atau infeksi kandung kencing. Sebab dari keadaan tersebut dapat karena berbagai hal antara lain usia, jenis kelamin, riwayat penyakit atau tindakan medik yang pernah dialami, karena kelainan atau penyakit tersebut menyebabkan faktor pendahulu atau pemudah terjadinya keluhan anda. Jadi apakah ginjal anda sakit atau ada penyakit lain yang anda alami, belum dapat dijawab sebelum ada keterangan tambahan yang antara lain saya tanyakan didepan.

Konsumsi Vitamin untuk menggantikan Kalsium?
Untuk menjaga agar tulang tidak keropos karena HD, vitamin apa/makanan apa untuk dapat menggantikan unsur kalsium guna tulang tidak cepat keropos?

Untuk penderita GGK memang ada gangguan aktifasi dari vitamin D, karena ginjal juga berfungsi untuk menghasilkan vitamin D dan mengubahnya jadi bentuk yang aktif.
Untuk vitaminnya, bapak bisa memilih vitamin yang mengandung bentuk aktif dari vitamin D3 (dr. Ita Widjajanti Sandjaja)

Source : ikcc.or.id

1 comment:

  1. selamat malam Bapak/Ibu...

    sebelumnya perkenalkan saya seorang kakak dari seorang adik yang telah divonis gagal ginjal (GGK) dengan hasil laboratorium seingat saya BUN 205 dan kreatin 18 setelah melakukan haemodalisa 2 kali turun menjadi 24 dan 3 apakah ini sudah tidak memerlukan haemodalisa lagi atau bagaimana?, dengan kronologis serangan sebagai berikut :
    a. mendadak terjadi serangan tubuhnya kejang dan kaku tidak sadarkan diri.
    b. dibawa ke rumah sakit dan di lab hasilnya seperti diatas, 3 rumah sakit yang menyatakan hal yang sama.
    c. disalah satu rumah sakit mendadak kejang lagi sehingga total serangan kejang +/- 4 kali. sehingga sempat masuk ICU selama +/- 24 jam.
    d. dilakukan haemodalisa I dengan hasil BUN 110 dan kreatin 15
    e. nah dibagian ini penderita seperti kehilangan kesadaran dengan bentuk seperti teriak-teriak dan lupa ingatan.
    f. dilakukan haemodalisa II dengan hasil BUN 24 dan kreatin 3
    g. penderita diperbolehkan pulang oleh dokter RS
    h. kondisi fisik penderita dirumah bagus kami lihat dari urine yang dikeluarkan normal, nafsu makan normal, berak normal tetapi satu yang saya bingungkan penderita masih sering teriak-teriak dan seperti lupa ingatan, apakah ini efek penyakit atau bagaimana?

    mohon saran dan petunjuknya untuk pengobatan adek saya...

    terima kasih dan mohon maaf
    adhi

    ReplyDelete