Saturday, February 20, 2010

Tips untuk Meraih Kebahagiaan (Peserta HD)

1.”Jagalah Hati”. Hati adalah salah satu dari sebab-sebab kebahagiaan dan kesengsaraan. Di dalam tubuh kita ada sepotong daging. Apabila “ia’ baik, maka baiklah tubuh itu seluruhnya dan apabila “ia” buruk, maka buruklah tubuh itu seluruhnya.
2. Kebahagiaan hidup tergantung bagaimana kita menyikapi perubahan. Setiap perubahan menawarkan sesuatu yang baru yang hampir tidak dapat kita kenali, jadi diperlukan adaptasi tinggi untuk menjawab setiap perubahan. Kita tidak bisa mempertahankan diri dari perubahan, karena kita harus bergerak ke masa depan, bukan berjalan mundur ke masa yang lalu. Tidak ada cara lain untuk selaras dengan arus perubahan kecuali dengan menjadikan diri kita sebagai manusia yang mau menerima perubahan. Pandanglah perubahan sebagai harapan, bukan sesuatu yang menakutkan.
3. Kebahagiaan itu relatif sederhana untuk dicari, apabila kita bisa memanfaatkan keterbatasan kita yakni keterbatasan fisik, fikir dan apa saja yang kita miliki. Manusia adalah makhluk yang penuh dengan keterbatasan, tetapi manusia adalah makhluk yang juga tidak mau dirinya dikerangkeng oleh keterbatasan. Keterbatasan bukan penghalang untuk meraih kebahagiaan. Berfikir sederhana adalah cara terbaik untuk mendapatkan kebahagiaan yang hakiki. Bagaimana berfikir sederhana itu? Yaitu dengan cara mensyukuri apa yang dikaruniakan Tuhan kepada kita dan memperdayakan seoptimal mungkin karunia tersebut.
4. Selalu bersikap dan berfikir positif.
Suasana lingkungan yang kita ciptakan sendiri berdasarkan pemikiran, keyakinan dan gagasan atau falsafah kita, akan memberikan macam apa kehidupan kita nantinya. Jika fikiran kita positif, maka lingkungan kita akan menjadi baik, oleh karenanya kita sendiri yang harus memutuskan apakah kita ingin bahagia atau tidak.
Hidup ini harus tolong menolong, agar kita dapat memberi manfaat kepada orang lain. Disitulah letak kebahagiaan.
(From Roslinawati, pasien HD RUSPAU HALIM PK, Jaktim)
Sumber : IKCC

No comments:

Post a Comment