Saturday, February 20, 2010

Tanya Jawab Gagal Ginjal Kronis

Apakah Anda memiliki pertanyaan tentang penyakit ginjal? Faktor risiko? Tanda dan gejala? Apakah Anda prihatin tentang diri Anda, seorang teman atau anggota keluarga?

T: Bagaimana umum adalah CKD (Cronic Kidney Deseases = Penyakit Ginjal Kronis)?
J: Beberapa 26 juta orang Amerika (13 persen dari populasi orang dewasa AS) menderita dari CKD-sosok para ahli memperkirakan akan naik karena tingkat obesitas tinggi (1 / 3 dari semua orang dewasa), kaitan antara obesitas, diabetes dan tekanan darah tinggi ( semua faktor risiko) dan penuaan generasi Baby Boom (sejak usia adalah faktor risiko lain CKD). Muda dan orang dewasa setengah baya juga dapat mengembangkan CKD.

t: Apa faktor risiko CKD?
J: Primer faktor risiko termasuk diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, riwayat keluarga penyakit ginjal dan usia lebih dari 60. Sekunder meliputi faktor risiko obesitas, penyakit autoimun, infeksi saluran kemih, infeksi sistemik, dan ginjal kehilangan, kerusakan, cedera atau infeksi.

t: Bisakah CKD dapat dicegah?
j: Menjaga kesehatan secara keseluruhan akan membantu melindungi kesehatan ginjal. Termasuk praktek-praktek bijaksana berolahraga secara teratur, diet garam rendah, mengendalikan berat badan, pemantauan tekanan darah, kolesterol dan kadar glukosa, tidak merokok, minum cukup, menghindari non-steroid anti-inflammatory drugs (NSAID) dan mendapatkan fisik tahunan.

T: Apa saja tanda-tanda peringatan CKD?
J: Sebagian besar orang tidak memiliki gejala sampai CKD adalah maju. "Jika Anda menunggu sampai Anda memiliki gejala yang akan diuji, Anda telah menunggu terlalu lama," kata Leslie Spry, MD, juru bicara untuk National Kidney Foundation. Tanda-tanda kemajuan CKD meliputi pergelangan kaki bengkak, kelelahan, kesulitan berkonsentrasi, penurunan nafsu makan, darah dalam air seni dan air seni berbusa.

Sumber Terjemahan dari National Kidney Foundation - USA

4 comments:

  1. saya mau tanya,,,apa kira2 dampak psikologis dari pasien hemodialisa, berapa angka kejadian pasien yg ckd dan yg menjlani terapi hemodialisa di bogor,,,terima kasih,,,semga ad jawabnyya

    ReplyDelete
  2. saya Jordan divonis gagal ginjal dan harus menjalani cuci darah sejak 6 tahun yang lalu. Dan umur saya sekarang 17 tahun (SMA kelas 2). Saya ingin sekali transplantasi dan saya tidak punya biaya, Walaupun sudah ada kerabat saya yang mau mendonorkan ginjalnya untuk saya, jadi sekarang saya harus bagaimana ?

    ReplyDelete
  3. saya mau tanya kalo ureum 280 dan kreatinin 23,7 itu sudah mencapai tahap ap??

    ReplyDelete
  4. Terimakasih untuk informasi penyakit ginjalnya. Pencegan yang baik adalah dengan menjaga pola hidup sehat, seperti makanan sehat, olah raga teratur dan minum yang cukup serta jangan menahan buang air kecil..

    ReplyDelete